Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Peringatan HUT ke-60 Sulawesi Utara: Sejarah Baru di Bawah Kepemimpinan OD-SK

×

Peringatan HUT ke-60 Sulawesi Utara: Sejarah Baru di Bawah Kepemimpinan OD-SK

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Hari ini, Senin (23/9/2024) Provinsi Sulawesi Utara merayakan ulang tahunnya yang ke-60 dengan penuh semangat dan kebanggaan dimana Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw (OD-SK) memimpin peringatan ini, menandai momen bersejarah dalam perjalanan panjang provinsi ini.

Dalam upacara yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur, Gubernur Olly Dondokambey mengenakan baju adat Minahasa dan menyampaikan pidato yang menginspirasi.

“Hari ini, kita kembali memperingati hari yang bersejarah bagi daerah kita, yaitu ulang tahun ke-60 Provinsi Sulawesi Utara,” ujarnya dengan penuh semangat.

Sejak terbentuk pada 23 September 1964, Sulawesi Utara telah mengalami banyak kemajuan.

“Selayaknyalah kita mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat yang telah diberikan bagi kita semua di Provinsi Sulawesi Utara,” lanjut Olly.

Olly juga menyoroti berbagai pencapaian signifikan yang telah diraih provinsi ini, terutama di bawah kepemimpinan OD-SK sejak tahun 2016.

“Kemajuan daerah yang pesat maupun signifikan, tentunya besar ditopang oleh geoposisi wilayah Sulawesi Utara yang berada di bibir Pasifik, kebijakan strategis pembangunan daerah, serta pemanfaatan potensi daerah yang maksimal,” jelasnya.

Olly juga menekankan pentingnya dukungan dan sinergitas kerja dari seluruh elemen masyarakat dalam mengupayakan pembangunan daerah.

“Jika kita menoleh ke belakang, banyak capaian membanggakan yang sama-sama kita torehkan. Beragam potensi daerah dapat kita optimalkan. Sektor-sektor strategis berhasil kita akselerasi, bahkan ada yang melebihi prediksi dan target sebagaimana telah ditetapkan,” tambahnya.

Slogan-slogan yang membingkai kerja kepemimpinan OD-SK, seperti Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan, turut memberi andil besar terhadap kemajuan Sulut.

Indikator makro pembangunan daerah Provinsi Sulut selalu menunjukkan tren yang positif, membuktikan bahwa Sulawesi Utara terus bergerak maju.

Meski sempat mengalami kontraksi ekonomi ketika pandemi COVID-19, namun tidak lama berselang, Sulawesi Utara mampu menunjukkan ketahanan ekonomi, yang disokong oleh program ajakan Mari Jo Ba Kobong dan program Mandiri Tanaman Pangan, di mana program Mandiri Tanaman Pangan sendiri, baru-baru ini membawa Provinsi Sulut meraih penghargaan Merdeka Awards 2024 kategori Program Pendukung Kemandirian Pangan.

Penghargaan ini menyusul penghargaan lainnya maupun reward yang diperoleh sebelumnya, hasil dari capaian makro pembangunan, antara lain: reward insentif fiskal sejumlah Rp51,94 miliar, yang diberikan kepada Sulut atas keberhasilan menekan inflasi.

Kemudian, slogan Torang Samua Ciptaan Tuhan yang memberi pengaruh hampir ke semua _ aktivitas, urusan dan sektor-sektor pembangunan.

“Slogan itu, menyemangati penyelenggaraan pemerintahan, utamanya dalam pelayanan publik dan pembangunan di daerah.

IPM yang merupakan ukuran keberhasilan pada tiga dimensi dasar pembangunan manusia, yakni: pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat, menjadi terus meningkat setiap tahunnya. Kini IPM Sulawesi Utara berada pada angka 75,04, dimana menurut UNDP angka ini masuk kategori tinggi,” beber Olly.

Program PERKASA, yakni Perlindungan bagi Pekerja Sosial Keagamaan Provinsi Sulut, juga dipengaruhi, hingga terus konsisten terlaksana, bahkan membuat Provinsi Sulawesi Utara meraih Paritrana Award enam kali berturut-turut.

“Harus kita akui bahwa semua torehan dan capaian yang diraih Sulawesi Utara, adalah buah dari kerja bersama, serta ditopang oleh banyak aspek, sehingga ke depan kita harus tetap mampu bekerja sama dan menjaga aspek-aspek utama yang sudah teruji mampu mengiringi kita dalam membuat Sulawesi Utara yang berkemajuan, seperti stabilitas keamanan daerah yang terkendali,komitmen stakeholder pembangunan yang kuat; dukungan dan sinergitas dari semua pihak; dan toleransi antar umat beragama yang terjaga,” jelasnya.

“Di depan masih banyak agenda pembangunan yang harus dilanjutkan. Kita diharapkan tetap solid dan selalu kompak dalam tindakan, untuk mengawal setiap program dan kegiatan pembangunan, serta agenda-agenda strategis di daerah, demi kemajuan bersama,” serunya.

Saat ini, Sulut dihadapkan ada pada agenda penentu kemajuan daerah, yang harus disukseskan, yakni Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

“Untuk itu, mari sama-sama kita jaga stabilitas keamanan di daerah. Kita berkomitmen untuk bersama menyukseskan, kita bersinergi dan berikan dukungan terhadap setiap prosesnya dan kita jaga kerukunan di tengah kehidupan bermasyarakat di Sulawesi Utara, hingga nantinya Pilkada Serentak akan berjalan aman, damai, dan demokratis. Sambil berefleksi, di momentum peringatan HUTke-60 ini,” jlas Olly.

Lanjut Olly, program OD-SK, jika Tuhan berkenan akan dilanjutkan oleh Steven OE Kandouw.

“Mari kita bulatkan tekad, komitmen, dan padukan niat tulus dan asa kita untuk mengiringi cita-cita pendahulu, cita-cita kita semua, menjadikan Sulawesi Utara terus bergerak menjadi daerah maju. Menjadikan seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Utara menjadi daerah yang maju, dan membuat masyarakat Sulawesi Utara sejahtera secara keseluruhan,” ucap Olly.

“Selamat ulang tahun ke-60 Provinsi Sulawesi Utara. Dirgahayu. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati kita semua dalam melanjutkan cita-cita pembangunan di daerah, untuk Sulawesi Utara yang semakin hebat. Terima kasih kepada semua stakeholder pembangunan, atas sinergitas, totalitas kerja dan dukungannya, selama kepemimpinan OD-SK. Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Sulawesi Utara dari Miangas sampai Pinogaluman”, tutup Olly. (*/Rizath)