Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Utara

Tingkatkan Akses dan Kualitas Layanan, Dinkes Minut Luncurkan Website dan Program “SIKLABAT MINUT”

×

Tingkatkan Akses dan Kualitas Layanan, Dinkes Minut Luncurkan Website dan Program “SIKLABAT MINUT”

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MINUT – Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) meluncurkan inovasi baru bernama “SIKLABAT MINUT”. Inovasi ini adalah bagian dari upaya Dinkes untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Minut.

Program yang digagas oleh Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Utara dr Stella Safitri, M.Kes pada tanggal 27 Agustus 2024, dengan bangga meluncurkan website resmi https://dinkes.minut.go.id

Stella Safitri menjelaskan, istilah “SIKLABAF MINUT” dipilih karena terinspirasi oleh Gunung Klabat, gunung tertinggi di Sulawesi Utara, sebagai simbol harapan bahwa layanan kesehatan di Kabupaten Minahasa Utara akan terus berkembang dan mencapai puncaknya seperti gunung tersebut.

“Inovasi ini bertujuan mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat secara terpadu, serta merupakan Strategi Perluasan Akses Layanan Kesehatan Di Kabupaten Minahasa Utara,”ucap Safitri (01/09/2024)

Dengan di luncurkan Website resmi Dinas Kesehatan https://dinkes.minut.go.id mempermuda masyarakat mengakses semua layanan dan informasi terkait kesehatan dengan mudah Lebih khusus pada kaum lansia,”kata Safitri

Program ini mencakup beberapa kegiatan utama:

1. Telemedicine: Menyediakan layanan kesehatan jarak jauh melalui video atau telepon untuk diagnosis dan perawatan.
2. Rekam Medika Elektronik (RME): Sistem digital terintegrasi untuk mengelola data medis pasien secara elektronik
3. Home Visit: Layanan kesehatan yang dikunjungi langsung ke rumah masyarakat yang tidak dapat mengakses fasilitas kesehatan terdekat.
4. Video Edukasi Kesehatan: Menyampaikan informasi kesehatan secara visual untuk meningkatkan pemahaman masyarakat.
5. Podcast Kesehatan: Program diskusi tentang topik kesehatan yang memberikan tips dan informasi penting.
6. Artikel Kesehatan: Menyajikan informasi medis dan panduan hidup sehat.

Perintah Kabupaten Minahasa utara dalam hal ini Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung menyambut dan mengapresiasi inovasi “SIKLABAF MINUT”

Gagasan ini juga mendapat dukungan dari Rumah sakit, PMI, BPJS bahkan dukungan langsung pun datang dari direktorat pelayanan kesehatan kemenkes.(*/ster)