Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPolitik

KPU Sulut Tutup Pendaftaran Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur

×

KPU Sulut Tutup Pendaftaran Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Proses tahapan pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pilkada tahun 2024, serta resmi ditutup oleh KPU Sulut, pukul 23.59 wita Kamis (29/8/2024).

Kegiatan yang digelar selama tiga hari dari 27-29 Agustus 2024. Dan selama tiga hari pendaftaran, KPU Sulut telah menerima kedatangan tiga bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara untuk mendaftar, yaitu pasangan Yulius Selvanus Komaling– Victor Mailangkay, Elly Lasut – Hanny Joost Pajouw dan Steven Kandouw – Alfret Denny Tuejeh.

Ketiga pasangan calon yang mendaftar ini, KPU Sulut menyatakan lengkap dan memenuhi syarat dan diberikan pengantar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP prof Dr RD Kandou Manado.

Pleno penutupan pendaftaran calon dipimpin Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan didampingi anggota Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, Lanny Ointu, Awaluddin Umbola, Plt Sekertaris KPU Meydi Tinangon, serta dihadiri Komisioner Bawaslu Sulut, Ketua Ardiles Mewoh, Zulkifli Densi, Stefen Linu, Donny Rumagit, dan Erwin Sumampouw.

Ketua KPU Sulawesi Utara, Kenly Poluan saat jumpa pers menyampaikan terima kasih kepada semua pasangan calon dan semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan salah satu tahapan penting Pilkada serentak ini.

“Terima kasih kepada pihak kemanan, Polda Sulawesi Utara, Insan pers, Bawaslu, dan semua stakeholder yang telah hadir membantu menyelesaikan proses pendaftaran di Kantor KPU Sulut,” tegas Kenly.

Dalam konferensi pers usai proses pendaftaran, Poluan mengatakan, proses pendaftaran pasangan calon adalah salah satu bentuk pengabdian terhadap demokrasi dan masyarakat di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa. Dia berharap masalah-masalah yang muncul dapat diminimalisasi serta melakukan musyawarah atau percakapan untuk menyelesaikannya.

“Kita sambut Pilkada Provinsi Sulut dengan riang gembira. Ini tanggung jawab kita bersama. Mohon doanya agar kita bisa melakukan proses Pilkada ini bersama-sama dan dalam keadaan sehat selalu,” tutup Poluan.

Setelah proses pendaftaran, KPU akan melakukan penelitian persyaratan calon yang telah mendaftar. Sementara, Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh mengapresiasi KPU Sulut yang telah melaksanakan tahapan pendaftaran dengan baik.

“Saya juga mengucapkan terima kasih karena semuanya berjalan lancar. Untuk evaluasi pengawasan selanjutnya termasuk data adminsitrasi pendaftaran akan dilakukan evaluasi dengan cermat,” ujar Ardiles.

 

(Fds)