Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Dibuka Wagub Kandow, Pemprov Sulut Sukses Laksanakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Perangkat Desa

×

Dibuka Wagub Kandow, Pemprov Sulut Sukses Laksanakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Perangkat Desa

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADOPemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) sukses melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur/Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa.

Kegiatan yang dibuka langsung Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandow dan diikuti sekitar 600 peserta yang terdiri dari para Camat, Hukum Tua serta perangkat Desa, dilakaanakan di Hotel Peninsula dan Aryaduta, Rabu 31 Juli 2024 hingga Jumat 2 Agustus 2024.

Diketahui Bimtek peningkatan Kapasitas Aparatur dan Perangkat Desa ini dilaksanakan oleh Dinas PMD Sulut bekerjasama dengan Universitas Pembangunan Indonesia dan Tim Kerja Generasi Muda Indonesia Sulut.

Sekertaris Tim Kerja Panitia Rendis Langkai SH menyebutkan bahwa agenda Bimtek dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas keuangan desa sebagai wujud optimalisasi penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan di Desa.

“Dan para peserta yang jumlahnya ratusan ini berasal dari 14 Kabupaten Kota yang ada di Sulut,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Steven Kandow saat memberikan arahan pada acara pembukaan Bimtek, memberi perhatian khusus terhadap prningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintah desa, sehingga mampu dalam mengelolah dana desa.

“Kemajuan teknologi semakin meningkat harus dibarengi dengan prningkatan SDM sehingga perangkat desa dapat bersaing dan mampu mengelolah Dana Desa. Apalagi Pak Gubernur Olly Dondokambey terus memberi perhatian soal peningkatan SDM,” ujarnya.

Wagub yang akrab disapa SK ini juga mengingatkan para Kepala Desa dan Pejabat terkait, agar memiliki Integritas dalam mengelolah keuangan dan administrasi sesuai aturan yang berlaku.

“Kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa agar jangan melakukan tindak Korupsi, sebab Dana Desa diperuntukan bagi kesejahteraan masyarakat,” tegasnya. Dengan harapan kegiatan Bimtek ini nantinya akan bermanfaat bagi Aparat dan Perangkat Desa dalam mengelola Dana Desa,” tutupnya.

Sementara itu sejumlah perangkat Desa mengaku bersyukur dapat mengikuti kegiatan bimtek ini, karena dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait dengan pkebijakan penggunaan dan pengelolaan Dana Desa.

“Bimtek ini pastinya akan menjadi refrensi bagi aparatur desa dalam menata dan mengatur tatakelola keuangan dan administrasi dengan baik sesuai aturan yang berlaku, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, ” ujar sejumlah Hukum Tua dan perangkat Desa yang mengikuti Bimtek ini.

Sebagai pemateri yaitu Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow, Ketua TP PKK Sulut, Ketua DPRD Sulut, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Akademisi, Kejati Sulut, Polda Sulut, BPK Perwakilan Provinsi Sulut, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulut, Sekprov Sulut dan Asisten III Setda Sulut .

Sebagaimana diketahui kegiatan Bimtek yang digelar Dinas PMD Provinsi Sulut ini ditutup secara resmi oleh Sekprov Sulut Steve Kepel ST MSi . (*/lou)