Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Utara

Wujudkan Stabilitas Keamanan Kondusif di Minahasa Utara, Kesbangpol Luncurkan Aplikasi “SIKENDIS”

×

Wujudkan Stabilitas Keamanan Kondusif di Minahasa Utara, Kesbangpol Luncurkan Aplikasi “SIKENDIS”

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MINUT – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Minahasa Utara meluncurkan Aplikasi SIKENDIS ‘Sistim Informasi Kewaspadaan Dini Masyarakat’ untuk Wujudkan Stabilitas Keamanan Kondusif di Minahasa Utara.

Kepala Badan Kesbangpol Sammy Ch S. Rompis, AP., S.Sos. mengatakan fungsi SIKENDIS untuk membantu Bupati dan Wakil Bupati terkait dengan stabilitas keamanan.

Untuk itu, pihaknya berupaya mencegah konflik sosial di masyarakat, meredam Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG).

“Jadi, SIKENDIS ini membantu Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung terkait keamanan dan mencegah konflik sosial yang berpotensi terjadi,” ucap  Rompis.

Lanjut dia dengan stabilitas keamanan yang terjaga jalannya roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat dan itu berjalan dengan baik dan maksimal.

“Dalam hal ini juga memberikan jaminan kepada para investor, wisatawan yang  akan masuk yang memberikan dampak menggerakan roda perekonomian,”ujar Rompis.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Bupati Joune Ganda, Wakil Bupati Kevin W Lotulung, dan forkopimda yang terkait sudah memberikan dukungan terkait dengan gagasan perubahan ini.

“SIKENDIS ini, Hukum Tua, Lurah, Camat bisa menginformasikan segala kegiatan atau kejadian yang berpotensi menimbulkan atau mengancam stabilitas keamanan.” jelas Rompis

Kaban, Sammy Rompis juga menambahkan, sedang merancang Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) sebagai wadah bagi masyarakat untuk ikut terlibat mendeteksi dan menangkal ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) yang dapat mengganggu stabilitas keamanan.(**/ster)