Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEdukasi dan ReligiLiputan KhususPemerintahan

Buka ANBK SMA/SMK Tingkat Provinsi Sulut di SMKN 1 Tomohon, Apa Pesan Wagub Steven Kandouw

×

Buka ANBK SMA/SMK Tingkat Provinsi Sulut di SMKN 1 Tomohon, Apa Pesan Wagub Steven Kandouw

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven Kandouw didampingi Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH,Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov, Denny Mangala buka Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMK/SMA Se-Provinsi Sulut di SMK Negeri 1 Tomohon pada Senin (19/08/2024).

Kegiatan ANBK ini berlangsung secara serentak tingkat nasional di Indonesia dan khusus di Sulut ada 420 Sekolah SMA/SMK yang melaksanakan ANBK.

Ujian ANBK dilaksanakan dengan cara mengerjakan sejumlah soal yang terdiri dari soal objektif dan non objektif.

Soal objektif yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian singkat. Sementara soal non objektif berisi uraian.

Wagub Steven Kandouw saat pembukaan ANBK menyampaikan, ANBK harus diseriusi. Apa artinya sarana prasarana bagus dan lengkap tapi kualitas anak kita ini sangat rendah.

“Guru-guru mari terus tingkatkan kapabilitas kemampuan dalam memberikan pengajaran dan Semuanya kembali pada kalian para Siswa juga karena apabila kalian tulus punya integritas, tekad dan semangat maka jalan akan terbuka,”terangnya.

Lanjut Wagub Steven Kandouw Janganlah berpikir nanti dan nanti karena kalau ingin kualitas kalian diatas rata-rata mulai sekarang kalian harus konsentrasi belajar dan kalian harus selalu punya tekad semangat dan punya target hidup.

“Ibarat orang di kapal saat di laut punya tujuan arah kemana akan pergi,”katanya.

Wagub Steven Kandouw menambahkan, Hindari hal-hal yang akan menjadi sampah masyarakat jangan pakai narkoba, alkohol.

“Andalkan Tuhan dalam segala hal dan harus tetap bekerja. Kalian guru dan siswa harus punya tekad dan sama-sama untuk maju guna meningkatkan kualitas pendidikan di Sulut agar lebih baik kedepan,” terang Wagub SK.

Diketahui, Program ANBK ini merupakan evaluasi yang dibentuk oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan. ANBK dijalankan dengan memotret masukan, proses, dan luaran dari pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK tidak hanya menyorot pada peserta didik saja, program ini menitik fokuskan tujuannya untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kemendikbud telah menetapkan ANBK sejak tahun 2021 sebagai pengganti dari Ujian Nasional sekaligus penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan.

Oleh karena itu, ANBK sendiri tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu melainkan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan yang telah disebut sebelumnya yakni berupa input, proses, dan output.

Pembukaan ANBK tersebut dihadiri juga Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Dr Femmy Suluh serta Staf Khusus Gubernur Bidang Pendidikan, Anne Dondokambey Kabid SMK Vecky Pangkerego, Kabid SMA, Dr Sri Ratna Pasiak, Kacabdin Tomohon- Minahasa, Pejabat Dikda dan tuan Rumah Kepala SMKN 1 Tomohon, Ainun M Saleh, Para Guru serta Siswa/Siswi.

Kegiatan tersebut dirangkaikan juga dengan peresmian gedung Teaching Factory Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Job Fair dan Gelar Karya.

(Advetorial Diskominfo Sulut)