Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Olly Dondokambey Tandatangani Deklarasi Jalur Perdagangan Asia Pasifik

×

Olly Dondokambey Tandatangani Deklarasi Jalur Perdagangan Asia Pasifik

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara, Prof. DR (HC) Olly Dondokambey, telah menandatangani deklarasi Jalur Perdagangan Asia Pasifik Dari Indonesia Bagian Timur.

Deklarasi ini melibatkan Pelabuhan Bitung dan Bandara Sam Ratulangi di Manado, serta melibatkan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Bea Cukai.

Dalam acara Dialog Ekonomi Optimalisasi Jalur Perdagangan Asia Pasifik Dari Indonesia Bagian Timur yang diselenggarakan di Kantor Pusat Bank SulutGo pada Kamis, (11/7/2024).

Gubernur Olly menyatakan bahwa kerja sama dari berbagai pihak sangat penting keberlanjutan keterbukaan perdagangan internasional dan pergerakan orang memerlukan kolaborasi multi pihak termasuk Pemerintah, media, akademisi, dan pelaku usaha yang berada di Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Meskipun industri secara faktual masih didominasi oleh Wilayah Barat Indonesia, Indonesia Timur memiliki peluang untuk menjadi pusat pergerakan industri karena memiliki wilayah yang strategis.

Gubernur Olly menekankan bahwa Sulawesi Utara berada di bibir Asia Pasifik, dan jika industri tumbuh, akan ada lapangan pekerjaan baru, Efisiensi jarak tempuh ke Asia Pasific menjadi sarana peningkatan pendapatan/ekonomi baru, penanaman modal dan industri baru terutama di Indonesia bagian Tengah dan Timur, serta memberi berbagai dampak lanjutan (multiplier effect) yang positif.

“Saat ini, penerbangan langsung dari Sulawesi Utara ke negara-negara seperti China, Jepang, dan Singapura telah membuka peluang ekspor dan impor yang lebih efisien ke Wilayah Asia Pasifik,” kata Olly

Selain itu, pemerintah Sulawesi Utara juga berinvestasi dalam infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur.

Ini termasuk pembangunan Jalan Tol dan Bendungan Kuwil untuk menopang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan Industri di Sulawesi Utara.

Semua langkah ini bertujuan untuk memperkuat jalur perdagangan dan memajukan ekonomi di Wilayah ini.

Gubernur Olly juga menegaskan bahwa Optimalisasi Jalur Perdagangan Asia Pasifik dari Indonesia Bagian Timur perlu kerja sama semua stakeholder. (*/Rizath)