Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa UtaraPolitik

Ketua Bawaslu Awasi Coklit Data Pemilih untuk Pilkada Serentak 2024

×

Ketua Bawaslu Awasi Coklit Data Pemilih untuk Pilkada Serentak 2024

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MINUT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara mulai melakukan pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada Serentak 2024 yang telah dimulai dari tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Ketua Bawaslu Rocky Ambar usai melakukan pengawasan coklit di kediaman Wakil Bupati Minahasa Utara mengatakan, Coklit merupakan salah satu tahapan yang penting karena berkaitan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada serentak. Untuk itu,  Pantarlih diminta melakukan proses coklit secara langsung mendatangi rumah warga sehingga tida ada pemilih yang terlewatkan.

“Prinsipnya Bawaslu akan melakukan pengawasan terhadap Coklit yang dilakukan pantarlih dengan dua metode yakni pengawasan melekat dan uji petik, hal itu dilakukan bertujuan memastikan semua petugas Pantarlih melaksanakan tata cara dan prosedur pencocokan dan penilitian daftar pemilih sesuai dengan peraturan KPU,” ujar Ambar.

Ambar menyebutkan, petugas yang diterjunkan untuk melakukan pengawasan saat coklit terdiri dari 131 orang Panitia Pengawas Kelurahan atau Desa. Dengan tambahan Panwascam beserta sekertariat yang ikut dalam pengawasan coklit Pilkada 2024.

“Kami juga menghimbau agar KPU memastikan setiap tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih dilakukan sesuai dengan ketentuan. Hal itu disampaikan untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada setiap tahapan pemilihan,”pungkasnya.

 

(*/fds)