Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Peningkatan Layanan Kesehatan Jadi Salah Satu Prioritas OD-SK

×

Peningkatan Layanan Kesehatan Jadi Salah Satu Prioritas OD-SK

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw menjelaskan bahwa peningkatan layanan kesehatan menjadi salah satu prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK).

Sulut merupakan salah satu provinsi yang sedang gencar mengembangkan diri di berbagai sektor, termasuk sektor kesehatan.

Hal ini disampaikan Kandouw saat membuka Rapat Kerja Dan Seminar Kesehatan Pengurus Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Sulawesi Utara yang digelar di Hotel Grand Luley Manado, Jumat (31/5/2024).

Pelayanan kesehatan yang baik dengan mengedepankan etika profesi menjadi tolak ukur keberhasilan layanan kesehatan di suatu daerah, tegas Kandouw.

Selain meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan, Kandouw menjelaskan bahwa pemerintah provinsi juga berfokus pada peningkatan kualitas tenaga kesehatan.

Wagun Steven Kandouw juga menyoroti tentang universal coverage yang belum menjadi skala prioritas di Pemerintah kabupaten/kota secara keseluruhan.

Padahal menurut Kandouw, menyertakan masyarakat sebagai peserta BPJS seharusnya jadi prioritas, baru kemudian memikirkan pembangunan infrastrukturnya.

Selain universal coverage Wagub juga menyoroti masih banyak opini-opini yang terbentuk di masyarakat bahwa layanan kesehatan daerah dan kualitas dokter masih kalah dibanding yang ada di luar negeri.

“Dokter-dokter kita tidak kalah bahkan mampu bersaing dengan dokter di luar negeri, tapi kita harus mampu memerangi opini-opini ini,” tegas Wagub.

Sementara itu menurut menurut data yang ada di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mengungkapkan bahwa angka kematian masyarakat di Sulawesi Utara mengalami penurunan.

Fasilitas pelayanan kesehatan juga mengalami peningkatan yang signifikan, baik di rumah sakit milik pemerintah maupun swasta.

Selain itu, jumlah penduduk lansia juga meningkat, yang merupakan indikator dari peningkatan usia harapan hidup.

Prioritas kesehatan masyarakat di Sulawesi Utara terus diperhatikan.

Pemerintah provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan pada tahun 2024 menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait prioritas-prioritas peningkatan pelayanan kesehatan untuk sejumlah penyakit.

Upaya ini melibatkan berbagai pihak, termasuk organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Pengurus Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI).

Selain dokter, perawat juga perlu meng-upgrade kemampuan dalam menjalankan tugas tanggung jawab dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Semoga kerjasama ini dapat terus memperbaiki kualitas layanan kesehatan di Sulawesi Utara, harap Kandouw. (*/Rizath)